INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Kisah Sukses Praktik Baik Pelaksanaan AKMI

 Kisah Sukses Praktik Baik Pelaksanaan AKMI 

Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI selaku penyelenggara Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) telah membagikan kisah sukses Praktik Baik pelaksanaan AKMI.

Kisah Sukses Praktik Baik Pelaksanaan AKMI ini berisi catatan praktik baik yang dilakukan oleh madrasah peserta AKMI tahun 2021 dan 2022.

AKMI sebagai asesmen yang komprehensif dengan sasaran untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya.


Kisah Sukses Praktik Baik Pelaksanaan AKMI

Perkembangan dunia yang begitu cepat dan sering tidak bisa diduga-duga dalam berbagai bidang kehidupan, menuntut adanya penyesuaian dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengelolaan pembelajaran di madrasah.

Hal tersebut berdampak pada proses kegiatan pembelajaran, yang tidak hanya membekali peserta didik pada bidang keilmuan semata. Namun, lebih dari itu untuk menyiapkan peserta didik agar memiliki karakter yang kuat, berakhlak mulia, moderat, berwawasan luas serta memiliki kemampuan berpikir atau bernalar kritis sesuai dengan kebutuhan kecakapan Abad ke-21, yaitu kritis, kreatif, komunikatif dan kolaboratif.

Menyikapi fenomena tersebut, maka perlu penyiapan peserta didik di madrasah agar mereka kelak menjadi generasi Emas Indonesia di tahun 2045.

Hal itu menjadi penting, sebab mereka akan menjadi calon pemimpin masa depan yang akan membangun peradaban bangsa Indonesia dalam kancah percaturan dunia menuju kemajuan, kejayaan dan kemakmuran.



Berdasarkan paparan yang telah dikemukakan, Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) peserta didik merupakan isu penting dan mendesak yang diperlukan madrasah di Indonesia saat ini. AKMI sebagai asesmen yang komprehensif dengan sasaran untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya.

Hasil asesmen akan digunakan oleh guru dan madrasah sebagai sarana untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Melalui AKMI, seluruh civitas madrasah diajak membuka paradigma dalam penguatan pembelajaran berfokus pada peningkatan kemampuan berpikir atau bernalar, sehingga para lulusan madrasah memiliki keterampilan lebih tinggi dalam memecahkan masalah-masalah berbasis saintifik dan bersifat humanis.

AKMI dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut.

1. Untuk pemetaan mutu pendidikan dan mengukur kompetensi peserta didik madrasah pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya.

2. Menyediakan kebutuhan akan:

a. bahan pemetaan mutu pendidikan di madrasah,

b. bahan referensi akademik dalam mendiagnosa dan tindak lanjut perbaikan proses pembelajaran,

c. bahan dalam menyusun program maupun intervensi kebijakan pemerintah dalam peningkatan mutu pendidikan di madrasah.

AKMI telah dilaksanakan dua kali yaitu pada tahun 2021 dan 2022 yang setiap tahunnya mencakup 50 persen dari jumlah Madrasah Ibtidaiyah (MI). Dengan demikian, sebagian besar MI telah mengikuti pelaksanaan AKMI.

Hanya sebagian kecil saja MI yang belum memiliki kesempatan untuk ikut dalam proses AKMI sebagai akibat dari beberapa kendala atau kondisi yang dihadapi, seperti lokasi madrasah yang tidak memungkinkan, fasilitas yang tidak memadai dan sulit untuk diantisipasi, belum ada kelas 5 MI atau sudah tidak ada lagi kelas 5 MI.

Dari dua kali pelaksanaan AKMI menarik kiranya untuk membuat catatan praktik baik yang dilakukan oleh madrasah peserta AKMI tahun 2021 dan 2022.

Pastinya banyak sekali kisah sukses atau praktik baik yang mungkin belum tersampaikan, namun dalam kesempatan ini dapat dirangkum beberapa praktik baik sebagai kisah yang dapat menjadi inspirasi dan contoh untuk pelaksanaan AKMI selanjutnya.

Kisah Sukses Praktik Baik Pelaksanaan AKMI selengkapnya dapat dibaca dan di unduh pada tautan berikut ini.

Selengkapnya untuk mendapatkan file Kisah Sukses Praktik Baik Pelaksanaan AKMI KLIK :

👉=======UNDUH DISINI=======👈

Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty 

telegram

0 Response to "Kisah Sukses Praktik Baik Pelaksanaan AKMI "

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan