INFO TERKINI :
MUSIK DAN INTERNET

Lihat dan Download Lirik lagu Gratis dan Terlengkap dari lagu Daerah, Nasional, dan Internasional


Cara Merumuskan Visi, Misi, dan Tujuan Satuan Pendidikan

Cara Merumuskan Visi, Misi, dan Tujuan Satuan Pendidikan


Visi, Misi, dan tujuan Satuan Pendidikan perlu dirumuskan untuk memberikan referensi arah pengembangan dan menunjukkan prioritas satuan pendidikan.

Merumuskan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan merupakan langkah awal yang sangat penting sebagai acuan utama dalam merancang pembelajaran yang berkualitas. Untuk satuan pendidikan, visi, misi, dan tujuan harus berpusat pada murid.

Cara Merumuskan Visi Satuan Pendidikan

Visi adalah cita-cita bersama pada masa mendatang dari warga satuan pendidikan, yang dirumuskan berdasarkan masukan dari seluruh
warga satuan pendidikan.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam merumuskan visi satuan pendidikan adalah sebagai berikut.

1. Visi merupakan gambaran masa depan yang ingin dicapai oleh satuan pendidikan.

2. Visi harus dapat memberikan panduan/arahan serta motivasi.

3. Visi harus tampak realistis, kredibel dan atraktif.

4. Visi vebaiknya mudah dipahami, relatif singkat, ideal dan berfokus pada mutu, serta memotivasi setiap pemangku kepentingan.

Cara Merumuskan Misi Satuan Pendidikan

Misi merupakan pernyataan bagaimana satuan pendidikan mencapai visi, yang ditetapkan untuk menjadi rujukan bagi penyusunan program jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, dengan berdasarkan masukan dari seluruh warga satuan pendidikan.

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam merumuskan misi satuan pendidikan.

1. Pernyataan misi menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh satuan pendidikan.

2. Rumusan misi selalu dalam bentuk kalimat yang menunjukkan tindakan, bukan kalimat yang menunjukkan keadaan sebagaimana pada rumusan visi.

3. Antara indikator visi dengan rumusan misi harus ada keterkaitan atau terdapat benang merahnya secara jelas. Satu indikator visi dapat dirumuskan lebih dari satu rumusan misi.

4. Misi menggambarkan upaya bersama yang berorientasi kepada murid.


Cara Merumuskan Tujuan Satuan Pendidikan

Tujuan adalah gambaran hasil yang akan dicapai dalam kurun waktu tertentu oleh setiap satuan pendidikan dan/atau program keahlian dengan mengacu pada karakteristik dan/atau keunikan setiap satuan pendidikan sesuai dengan prinsip yang sudah ditetapkan.

Di dalam merumuskan tujuan satuan pendidikan, beberapa hal yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut.

1. Tujuan harus serasi dan mendeskripsikan misi dan nilai-nilai satuan pendidikan.

2. Tujuan fokus pada hasil yang diinginkan pada murid.

3. Tujuan harus spesifik, terukur, dapat dicapai dalam jangka waktu tertentu. Untuk mengetahui pencapaian tujuan pendidikan, satuan pendidikan dapat melakukan evaluasi.

4. Tujuan Pendidikan Khusus dapat dikembangkan sesuai karakteristik dan kebutuhan murid. Tujuan Pendidikan Kesetaraan dapat dikembangkan sesuai dengan program pendidikannya (Paket A, B, dan/atau C).

 

Tips Merumuskan Tujuan Satuan Pendidikan

1. Fokus untuk memahami dan membantu murid untuk mengenal diri dan cara belajar mereka sendiri.

2. Memungkinkan murid untuk melihat kemajuan mereka sendiri, merefleksikan cara dan kekuatan belajar mereka, dan menetapkan tujuan individu.

3. Tinjau kembali dan refleksikan berdasarkan delapan dimensi profil lulusan. Sepanjang tahun, murid akan berubah dan bertumbuh. Berikan ruang bagi murid untuk merekam refleksi diri secara teratur.

Tujuan harus selalu merupakan perwujudan dari visi dan misi, dan tujuan satuan pendidikan harus mencerminkan karakteristik atau hasil yang akan dicapai oleh murid. Karakteristik tersebut mencakup berbagai kapasitas dan tanggung jawab seseorang yang mencakup pertumbuhan intelektual, pribadi, emosional, dan sosial.

Prinsip-prinsip dalam merumuskan tujuan yang berpusat pada murid

1. Dalam kurikulum satuan pendidikan, delapan dimensi profil lulusan secara lengkap menjadi fondasi. Satuan pendidikan dapat menambahkan kompetensi murid sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan, selama tidak bertentangan dengan delapan dimensi profil lulusan.

2. Mengevaluasi secara kritis lingkungan belajar di satuan pendidikan dan membuat perubahan yang diperlukan agar memungkinkan semua murid dan pendidik untuk bekerja mengembangkan nilai-nilai delapan dimensi profil lulusan pada murid.

3. Memfokuskan kembali tujuan satuan pendidikan dan program keahlian untuk SMK dan keterampilan pilihan untuk SLB, secara kreatif mengelola sumber daya yang ada pada satuan pendidikan baik itu sumber daya manusia (pendidik, orang tua atau murid) maupun sumber daya lainnya, seperti dunia kerja, lingkungan/komunitas di sekitar satuan pendidikan.

4. Menjadikan delapan dimensi profil lulusan sebagai prinsip utama setiap program pembelajaran untuk membantu murid berkembang sesuai keragaman potensinya.

5. Menggunakan delapan dimensi profil lulusan sebagai alat untuk melakukan refleksi dan analisis seluruh program pembelajaran di satuan pendidikan.

6. Satuan pendidikan melakukan refleksi secara berkala untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan pembelajaran, serta sejauh mana struktur, sistem, dan kurikulum yang diterapkan di satuan pendidikan memungkinkan murid dan pendidik berkembang sesuai dengan delapan dimensi profil lulusan.

 

Menyelaraskan Visi, Misi, dan Tujuan Satuan Pendidikan

Tips

Saat melakukan analisis lingkungan belajar, pastikan visi, misi, dan tujuan tidak bertentangan dengan kerangka kurikulum yang ditetapkan oleh pusat: tujuan pendidikan nasional dan struktur kurikulum.

Screenshot 559



BACA JUGA :Alokasi Waktu Kokurikuler PAUD Dikdasmen 

 

SUMBER 


Demikianlah postingan ini, jika menurut Anda Bermanfaat silahkan SHARE, Terimakasih

@Salam Website Nasty

telegram

0 Response to "Cara Merumuskan Visi, Misi, dan Tujuan Satuan Pendidikan"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar dengan Jelas dan Sopan